SUBANG -Calon Kepala Desa Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Leman, yang mendapat nomor urut 2, berkomitmen untuk membangun desanya agar berprestasi dan Juara.

“Alhamdulillah sampai saat ini saya sudah sah menjadi Calon Kades Dawuan Kidul dengan nomor urut 2. Komitmen membangun desa hal yang harus saya realisasikan,” ujarnya, Jumat (9/11/2018).

Jika diridhoi allah sebagai Kades dipaparkannya merupakan amanah dari masyarakat Desa Dawuan Kidul dan akan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Jelas itu adalah amanah kepada saya dan akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya serta denga sejujur-jujurnya,” ujarnya.

Untuk menjalankan visi dan misi katanya, tentu selaku kepala desa pasti melibatkan semua elemen yang ada di masyarakat dalam membangun desa.

“Program-program saya nantinya akan bagaimana sesuai dengan program dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten, juga ada program-program inovasi yang akan kita sampaikan kepada masyarakat kita,” katanya.

Sesuai dengan keperluan dan kebutuhan masyarakat. Apalagi sekarang memang Dana Desa termasuk besar yang diarahkan kepada desa. “Nah tentu, itu sebuah peluang untuk kita bagaimana membangun desa kedepannya,” kata Leman

Dikatakannya untuk membangun desa, memang perlu Sumber Daya Manusia (SDM) yang punya visi jauh ke depan. Sehingga satu di antara fokus yang akan dilakukan adalah dengan mempersiapkan SDM tersebut.

“Intinya, kita untuk membangun desa saya libatkan semua tatanan masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, pemuda atau remaja juga ibu-ibu. Kita libatkan semua untuk membangun desa, dengan memperjuangkan pemerataan pembangunan berbasis gotong royong di tiap RT dan RW, ” katanya.

Pria yang akrab disapa Kutmay ini mengemukakan dalam membangun desa Dawuan Kidul, program unggulan yang dilakukan melakukan pengamanan aset dan batas desa.

“Itu yang pertama, karena aset dan batas desa masih menjadi sebuah problema,” kata dia.

Lanjutnya program unggulan lainnya adalah bagaimana menciptakan perekonomian yang baik. Perekonomian yang mandiri, untuk desa Dawuan Kidul dan langkahnya adalah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui musyawarah dengan masyarakat agar dasar hukum, pengurus dan kajian usahanya jelas.

“Tentu kita cari potensi yang bisa kita kelola, untuk BUMDes. Program lainnya masih banyak dan program yang hadir nanti lahir untuk menjawab masalah di desa. Saya mohon dukungan dan bimbingan semua pihak,” tutup dia.

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here