BANDUNG – Dalam rangka merayakan Hari Jadinya yang ke 45, Rumah Makan Sindang Reret menggelar Pasanggiri Rampak Jaipongan tingkat Provinsi Jawa Barat.

Pemilik RM Sindang Reret, H Irman Gunawan mengungkapkan bahwa pasanggiri ini digelar selain untuk memeriahkan Ulang Tahun RM Sindang Reret, juga untuk ikut berpartisipasi menjaga merawat, dan melestarikan kebudayaan Sunda.

” Pasanggiri ini memang baru pertama kali kami selenggarakan. Namun kami berupaya maksimal agar pasanggiri ini berjalan meriah,” kata H Irman di sela acara, di RM Sindang Reret, Jalan Tangkuban Parahu, Cikole Lembang, Sabtu (8/12/2018).

H Irman melanjutkan, dia bertekad menggelar pasanggiri yang lebih meriah dan lebih banyak pesertanya. “Bekerjasama dengan padepokan dan sanggar, semakin dimatangkan persiapannya. Kedepan mungkin digelar tari klasik atau tari buhun. Kami berupaya merangkul semua seniman untuk mensukseskan acara,” ucapnya.

Disaat bersamaan, Ketua Panitia Pasanggiri, Irwan Dustirawansah menyebutkan sebanyak 57 tim peserta pasanggiri yang ikut pada keaempatan perdana ini. Tidak kurang 400 orang yang total semua peserta yang ikut serta.

“Kami selaku panitia masih ingat pesan dari Bapak HS Hermawan Pendiri dan Pengembang pertama RM Sindang Reret. Beliau yang juga tokoh Jabar, mengatakan titip budaya Sunda jangan dilupakan apalagi di era globalisasi, harus ada upaya yang kuat,” kata Irwan.

Irwan selaku panitia, meski baru pertama kali, tetapi berupaya keras mewujudkan pasanggiri ini. “Salah satunya, berkat peran Ibu Ida yang sangat membantu sosialisasi ke seluruh wilayah di Jawa Barat. Sekarang ini peserta berasal dari Bogor, Tasik, Subang, Sumedang, dan Karawang,” ujarnya.

Dikatakan Irwan, dirinya sangat antusias karena Pemkab Bandung Barat dan Pemerintah provinsi sangat merespon sekali.

“Adapun total hadiah yang disediakan oleh panitia sebesar Rp 37 juta untuk masing masing Juara 1,2, 3 dan Harapan 1,2, dan 3 di dua katefori, yakni Kategori anak dan remaja,” jelasnya.

Ke depan, para juara ditampilkan dalam acara tertentu di RM Sindang Reret. Dengan disaksikan oleh tamu lokal dan internasional. Hingga berita ini diterbitkan, pasanggiri masih berlangsung. Pasanggiri ini juga hasil kerjasama dengan Dinas Pariwisata Jabar dan beberapa sponsor.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here