SUBANG – Koperasi Wanita Lembaga Ekonomi Desa (Kopwan LED) Mawar yang berbasis di Desa Karangsari Kecamatan Binong, Subang memproyeksikan diri siap membangun bisnis sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada tahun 2019 ini.

Hal itu disampaikan Ketua Kopwan LED Mawar Patimah Purnamawati dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) di halaman Desa Karangsari, Minggu (13/01/2019). Koperasi yang beranggotakan 623 orang itu sepakat akan mengembangkan sektor UKM bersama sama.

“Koperasi kita dilihat dari perputaran uang di unit simpan pinjam sudah cukup besar. Mencapai angka 1,6 miliar lebih tahun 2018. Kita punya cukup modal untuk mulai bergerak serius di sektor UKM,” kata Patimah, di sela acara RAT.

Pada tahun tahun sebelumnya, kata Patimah, Kopwan LED Mawar sebenarnya sudah punya binaan UKM. Namun memang diakuinya belum maksimal. Masih banyak potensi anggota yang belum terkelola dengan baik.

“Kopwan siap mendukung permodalan UKM yang dijalankan oleh anggota. Sebelumnya, kita akan lakukan inventarisasi terlebih dahulu,” imbuhnya.

Jika sudah mendata, pihaknya akan bekerjasama dengan dinas terkait dan PLUT di kabupaten yang memang konsen di bidangnya. “Pemasaran dan lainnya juga kita pikirkan sehingga bisa memberikan profit bagi semua,” ucapnya.

Dikatakannya, pada tahun ini juga Kopwan LED Mawar berencana membangun kantor sendiri di luar gedung milik desa.

Pada RAT tersebut, Patimah kembali didaulat para anggota yang hadir untuk memimpin Kopwan LED Mawar kedepan. Dia dibantu oleh Sumarni selaku Wakil Ketua, Mia Kosmiati di Sekretaris dan Zizah Nurazizah Bendahara ditambah Titin Komala

Reshufle terjadi pada susunan pengawas Kopwan LED Mawar. Nani Kristiani tetap menjabat ketua, dibantu Aniti. Sementara Titin Komala karena pindah menjadi pengurus, diganti Cica Nayati sesuai kesepakatan RAT.

Unit simpan pinjam Kopwan LED Mawar selama 2018 volume usaha dapat tercapai sebesar Rp 1.630.250.000. Naik Rp 314.000.000 atau 24 persen dibanding tahun lalu yang sebesar Rp 1.316.250.000. Sementara SHU setelah pajak Rp 84.021.095.

RAT 2019 dihadiri juga oleh perangkat desa, BPD, Camat Binong dan perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here