SUBANG- Menanggapi kabar beredarnya tabloid Indonesia Barokah (IB) di Kabupaten Kuningan, Anggota Bawaslu Kab Subang Divisi Pencegahan dan Hubal Imanudin meminta Panwaslu Kecamatan se Kab Subang agar melakukan penelusuran dan pengawasan di setiap wilayahnya masing masing.

“Kami minta dilakukan penelusuran peredaran Tabloid Indonesia Barokah di daerah masing masing. Baru kuningan yang telah melaporkan dan menyampaikan data peredarannya. Bukan tidak mungkin beredar di Subang,” katanya, Jumat (18/1/2019).

Dia menegaskan terutama di maajid masjid dan pesantren. Karena di Kuningan juga ditemukan di tempat tersebut.

Sebelumnya dikabarkan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kuningan menerima laporan adanya ratusan tabloid Indonesia Barokah yang disebar ke pesantren dan pengurus masjid di 32 kecamatan. Tabloid yang ditemukan Pengawas Pemilu Kecamatan itu dilaporkan pada Jumat, (18/01/2019).

Seperti dilansir oleh Tempo.co, pada kolom Salam Redaksi menyebutkan Indonesia Barokah merupakan tabloid dua bulanan yang bertujuan sebagai media dakwah dan pendidikan Islam yang menyasar ke kalangan jamaah masjid, lingkungan pesantren dan pendidikan berbasis Islam lainnya. Adapun alamat Redaksi di Jalan Haji Kerenkemi, Rawa Bacang, Jatirahayu, Pondok Melati, Bekasi.

Tabloid 16 halaman ini berisi tentang tokoh Islam yang menjadi Pahlawan Nasional di era Presiden Jokowi. Pada halaman liputan khusus ada headline berjudul Membohongi Publik untuk Kemenangan Politik. Halaman lain mengulas hoax ganggu stabilitas dan keamanan.

Pada Rubrik Tabayun menyoroti tabloid Obor Rakyat, Asal Usul Fitnah Jokowi & Antek Asing.

Anggota Bawaslu Kab Kuningan, Ondin Sutarman mengatakan sudah ada puluhan tabloid IB yang dilaporkan oleh Panwascam ke Bawaslu Kabupaten Kuningan. Menurut dia, isinya dikhawatirkan bisa menimbulkan potensi mengadu domba antar umat Islam,.

“Kami khawatir kejadian ini seperti tabloid Obor Rakyat tahun 2014 lalu bisa menimbulkan polemik di masyarakat.” Kata Ondin.

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here