SUBANG – Persiapan mensukseskan Kontingen Jawa Barat di PON XX Papua sudah mulai berjalan. Bidang II Bina Prestasi KONI Jabar, bersama rombongan mulai meninjau sejumlah venue, yang berada di Komplek Batalyon Infanteri 312 Kala Hitam Subang, Kamis (17/1/2019) kemarin.
Sejumlah venue yang dimiliki Batalyon Infanteri 312 Kala Hitam tersebut, dipersiapkan untuk tempat Pemusatan Latihan (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-XX tahun 2020 di Papua nanti.

Anggota Bidang II Bina Prestasi KONI Jabar Rahyang Mandalajati Evi Silviadi mengatakan, ada beberapa aspek, yang menjadi penilaian Koni Jabar. Sejumlah venue yang dimiliki Batalyon Infanteri 312, dipilih Koni Jabar, untuk menjadikan tempat Pelatda PON Ke-XX tahun 2020 Papua karena beberapa faktor. Antara lain, selain geografis yang hampir sama dengan di Papua nanti, juga masalah disiplin dan keamanan bagi para Atlit Jabar. Hal lain, adalah untuk beradaptasi di Papua, sekaligus pelatda untuk para atlit Jabar bisa terpusat di satu wilayah atau daerah.

“Akhirnya kami dari KONI Jabar bisa menemukan satu tempat yang cukup representatif, yakni Batalyon Infanteri 312 Kala Hitam, yang bisa menampung seluruh atlit Jabar. Sehingga kami bisa menggelar Pelatda secara terpusat di Batalyon Infanteri 312 Kala Hitam tersebut, dan pertimbangan lainnya cuaca di Subang, hampir sama dengan di Papua nanti,” ujar Evi kepada wartawan di Subang, pada Jum’at (18/1/2019).

Ia mengungkapkan, venue yang sudah disepakati KONI Jabar untuk Pelatda PON Papua itu, yang ada di Batalyon Infanteri 312 Kala Hitam jumlahnya tidak kurang dari 17 venue. Diantaranya, renang, menembak, panahan, atletik dan sejumlah Cabang Olahraga (Cabor) bela diri.
“Ya Kami sepakat akan menggunakan seluruh venue yang ada, untuk Pelatda PON Papua, secara terpusat di Batalyon Infanteri 312 Kala Hitam Subang,” terangnya.

Evi juga menyebutkan, selain untuk persiapan para atlit Jabar, yang akan diturunkan untuk memperkuat kontingen Jabar di PON Papua nanti, sejumlah venue tersebut, bisa dimanfaatkan oleh Koni Subang, untuk persiapan Pekan Olahraga Daerah (Porda) tahun 2022, kebetulan Subang ditunjuk menjadi tuan rumah bersama Kabupaten Tasikmalaya dan Bandung Barat.

“Ini kan bisa meringankan beban Koni dan Pemkab Subang, untuk menyiapkan sejumlah venue, yang harus disiapkan Pemkab Subang. Artinya Koni dan Pemkab Subang, hanya menyiapkan dana untuk pemeliharaan saja,” tegas Evi.

Sementara itu, Danyon 312 Kala Hitam Subang, Letkol (Inf) Sigit Raditya menyambut positif, terkait sejumlah venue yang dimiliki Batalyon Infanteri 312 Kala Hitam, akan digunakan untuk Pelatda PON Papua oleh Koni Jabar, termasuk Pelatda Porda Jabar 2022. Ke depan Batalyon Infanteri 312 Kala Hitam, menjadi tempat yang humanis bagi masyarakat, karena masyarakat bisa dengan bebas melihat para atlit Jabar latihan.

“Alhamdulillah, kami dipercaya oleh KONI Jabar, dan kami sangat terbuka lebar, kepada siapapun. Dengan begitu, kesan seram dan menakutkan bagi masyarakat, nantinya bisa hilang, karena kami juga ingin berkontribusi terhadap prestasi olahraga,” ucapnya.

“TNi tidak hanya berperan dalam menjaga pertahanan negara tetapi juga harus berperan, dan mendukung kemajuan olahraga di tanah air. Kami juga memiliki banyak atlit yang nantinya akan memperkuat Jabar di PON Papua nanti,” singkat Letkol Sigit.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here