SUBANG – Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra H Oo Sutisna SH, banyak menyerap keluhan masyarakat Desa Muara Kecamatan Blanakan yang tergabung dalam KUD Mina Bahari, Jumat (18/01/2019).

Ratusan masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan itu mengungkapkan persoalan persoalan yang dihadapi para nelayan dalam mencari ikan. Mulai dari masalah jaring, perkapalan, cuaca hingga mendangkalnya area pelabuhan tempat mereka mendaratkan kapal.

Bagi Kang Oo, selaku wakil rakyat di Komisi IV, dia antusias bila para nelayan mau berbicara, mengutarakan apa yang menjadi penghambat mereka mencari penghidupan. Itu menjadi bekal dirinya saat kembali ke gedung DPR RI. Kondisi yang terjadi di lapangan akan disampaikan dalam rapat komisi dan dicarikan solusinya bersama kementerian terkait.

“Kami catat betul semua hal yang diutarakan oleh para nelayan. Masalah kondisi jaring, kapal dan pendangkalan pelabuhan itu mesti segera dibereskan. Kelompok nelayan, juga bagus kalau menyampaikan ke dinas terkait di tingkat kabupaten. Kan mereka tanggung jawab pemerintah daerah dulu,” kata Oo, usai kunjungan di Desa Muara.

Kalau memang melibatkan kebijakan dari pusat, dalam arti, dampak dari peraturan atau larangan kementerian, maka itu menjadi tanggung jawab dirinya sebagai anggota legislatif di pusat juga.

“Saat saya tanya, apa pernah ada anggota DPR RI yang datang ke sini? Mereka geleng kepala. Jadi bagaimana mau ada perbaikan, kalau suara nelayannya saja tidak pernah didengar. Persoalan nelayan ini bila perlu dipanggil menteri Susi untuk ditunjukkan fakta di lapangan dan bagaimana langkah menyelesaikannya,” tandasnya.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here