JAKARTA – Perwakilan tiga desa kawasan di Subang, yakni Desa Cirangkong, Cikadu dan Bantarsari diterima di Istana Negara pada Jumat (15/02/2019).

Mereka, Edi Ketua BUMDes Cirangkong, Beben Ketua BUMDes Cikadu, Ugan, Ahmad dari Perhutani, dan Ketua BUMDes Bantarsari diterima oleh KSP Aryani Djalal. Mereka kemudian langsung diantar ke ajudan Presiden oleh Ariani Djalal. Kedatangan mereka ke Istana Negara dalam rangka menyerahkan surat undangan kepada Presiden Jokowi untuk hadir ke Subang menanam sereh wangi di Kawasan Cikadu.

“Semangat mereka para pemuda desa asuhan Indung Budak yang berusaha membangun dirinya hingga benar benar mandiri, kini telah sampai di puncak Indonesia dengan menghadap ke Istana Negara,” kata KSP Ariani Djalal, usai pertemuan dengan para perwakilan dari Subang.

Menurutnya, dalam acara kehadiran Jokowi nanti bulan Maret, akan disambut oleh para seniman Sisingaan dan festival seni yang ada di Subang.

Ariani menambahkan, sebagai kelanjutan, Galuh Pakuan dalam proses MoU dengan kementerian pariwisata dalam pelestarian seni tradisi sebagai penambah destinasi wisata sesuai amanat UU Desa.

“Kami berharap kesenian dan budaya lokal seperti Festival Sisingaan bisa berkelanjutan (sebagai destinasi budaya, red),” kata Ariani.

Soal MoU LAK Galuh Pakuan dengan Kementerian Pariwisata, terkait pelestarian seni budaya sebagai penambah destinasi wisata, Patih Galuh Pakuan Abah Wawan Renggo sudah sejak lama punya gagasan tersebut. Dengan respon Kementerian Pariwasata ini, dia tentu gembira seraya siap menggaungkan seni tradisi sebagai tambahan destinasi wisata.

“Dunia Pariwisata Subang ke depan nantinya tidak hanya mengandalkan keindahan alam, tapi juga kekayaan seni budaya serta tradisi lokalnya,” kata Abah Renggo.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here