SUBANG – Penanganan bencana alam di suatu wilayah perlu keterlibatan semua pihak tak terkecuali dari pihak Kementerian Agama. Sebagai lembaga yang menaungi dunia keagamaan, Kementrian Agama Kabupaten Subang juga ikut serta membentuk tim relawan tanggap bencana. Tim tersebut dibentuk dari siswa siswi Madrasah Aliyah 1 Subang.

Kepala Kemenag Kab Subang, H Abdurrohim menyebut pembentukan Tim Relawan Tanggap Darurat Bencana Alam tersebut hasil kerjasama dengan Baznas Kab Subang.

“Kami bekerjasama dengan Baznas. Tim itu berfungai sebagai tenaga relawan bencana alam saat tanggap darurat dan juga berfungai sebagai tim pencari dana atau logistik bantuan,” kata Kepala Kemenag, Rabu (20/02/2019).

Tim Relawan itu, dikatakan H Abdurohim, dapat mewadahi bantuan dari masyarakat lalu disalurkan tidak hanya untuk bencana di daerah sendiri saja, tapi juga keluar daerah seperti di Banten juga dikirim bantuan.

Kemenag aktif membantu bencana alam tentu sebagai bentuk kepedulian terhadap umat, kepedulian sosial.

“Selain tim relawan, para penyuluh agama yang ditempatkan di masing masing kecamatan juga diterjunkan untuk penanganan bencana. Membantu saat bencana dan pasca bencana, juga membantu pemulihan mental. Mereka diharapkan mampu meredam dan menenangkan masyarakat dengan pesan yang menyejukkan hati,” sebutnya.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here