SUMEDANG – Ratusan warga Kabupaten Sumedang yang terdampak pembangunan Bendungan Jatigede hari ini, Kamis (21/02/2018) mendapatkan ganti rugi atau dana kerahiman dari Satuan Kerja Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung.

Salah satu tokoh warga setempat, Aden Tarsiman atau akrab disapa Dede membenarkan ihwal dana kerahiman tersebut. Sebelumnya, pada Senin (18/ 02/2019) awal pekan lalu, mereka telah memproses pembuatan rekening.

“Dana kerahiman berkah dari kerja Staf Kepresidenan, Bambang Suryadi yang juga sebagai caleg DPR-RI dari PDIP. Semoga Pak Bambang mendapatkan Berkah Perjuangan dan amanah. Beliau sebagai pengacara rakyat wakil rakyat untuk mendapatkan keadilan” kata Dede.

Adapun jumlah keluarga yang menerima sebanyak 200 keluarga. Dengan jumlah dana yang diterima bervariasi. “Kalau yang tipe A, berkisar Rp 29 juta hingga Rp 122 juta. Sementara tipe B itu semua rata rata Rp 29 juta. Tipe A itu yang terdampak sejak dulu tahun 1984, sejak masa orang tua kami. Sementara tipe B itu selebihnya,” jelas Dede.

Menurut Bambang, ada dana sebesar total Rp 15 miliar untuk dana kerahiman tersebut.

“Hal ini juga diupayakan terjadi pada warga desa Kerta Sari yang terdampak Bandara BIJB KertaJati. Presiden Jokowi akan menunaikan janjinya untuk menyelesaikan yang belum terbayar,” katanya.

Sedangkan di Subang , dia melanjutkan, Jokowi akan melakukan Redistribusi tanah untuk penghuni rumah bedeng di HGU.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here