SUBANG – Empat Desa Perintis Desa Kawasan, yang meliputi Desa Cikadu, Cirangkog, dan Desa Bantarsari Kecamatan Cijambe, serta Desa Cibalandongjaya Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang, sepakat untuk menandatangani MoU kerjasama Desa Kawasan. MoU tersebut didalamnya meliputi Desa Broadband, termasuk desa pengembangan Akademi teknologi drone dan informatika.

Inisiator perintis Desa Kawasan, Ratu Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Indung Budak Noviyanti Maulani mengatakan, penandatanganan MoU kerjasama ini sebagai upaya mendukung kemajuan di berbagai bidang di desa kawasan. Kemajuan kawasan yang didukung dengan penanaman rempah-rempah, broadband, dan, desa edukasi, desa wisata serta Desa yang memiliki teknologi berbasis internet, yang ditunjang dengan potensi Desa masing-masing, yang ditandatangani oleh keempat Kepala Desa dari dua Kecamatan, yang bertempat di Desa Bantarsari Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, Kamis (7/3/2019).

“Berbagai pihak sudah sepakat, yang diwakili keempat Kepala Desa untuk menetapkan desa kawasan, yang mencakup seluruh kegiatan pembangunan di berbagai bidang, yang meliputi aspek kehidupan, yang dilaksanakan secara terpadu di desa kawasan,” ujar Indung Budak Noviyanti di Subang, Kamis (7/3/2019).

Noviyanti menyebutkan, penenadatanganan MoU kerjasama keempat Kepala Desa dalam mendukung rintisan desa kawasan ini, diharapkan adanya swadaya berupa Gotong-royong masyarakat, untuk membangun desa kawasan, teemasuk membangun akademi droon, yang diarahkan untuk memanfaatkan potensi sumberdaya manusia, dan sumberdaya alam secara optimal.
“Prakarsa ini nantinya mendapatkan bimbingan dari aparatur pemerintah, dengan bidang tugasnya, sesuai wewenang dan tanggungjawab masing-masing,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Bantarsari Sa’id Supendi mengatakan, pihaknya bersama dengan Kepala Desa lainnya, sudah menyepakati bersama penandatangan MoU kerjasama rintisan desa kawasan ini, untuk bersama-sama bahu membahu membangun desa kawasan, agar cepat terwujud sesuai amanat Undang-undang Desa.

“Kani selaku kepala desa, memiliki tugas untuk membimbing masyarakat, dalam mengelola SDM dan SDA di desa masing-masing dalam mewujudkan desa kawasan ini,” tegas Sa’id.

Sementara itu, Staf Kepresidenan Ariani Djalal menyatakan, pihaknya siap mendukung upaya masyarakat di empat desa kawasan, sesuai dengan amanat UU Desa. Tentunya sesuai dengan tugas dan tanggungjawab Staf Kepresidenan, akan memfasilitasi semua kebutuhan masyarakat di desa kawasan. Yang terpenting, adanya kesungguhan dari masyarakat, dalam mewujudkan desa kawasan tersebut.

“Penandatanganan MoU kerjasama rintisan desa kawasan ini, sebagai bukti perwujudan kesungguhan dari masyarakat di keempat desa rintisan desa kawasan. Baru kali ini saya melihat ada inisiatif dari masyarakat, dan tidak ada kata lain dari saya mantap untuk Indung Budak Noviyanti Maulani, yang sudah memfasilitasi masyarakat keempat desa kawasan dengan KSP,” singkat Ariani.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here