SUBANG – Dinas Perhubungan Kabupaten Subang selayaknya menjadi salah satu dinas yang turut terlibat atau dilibatkan secara aktif dalam perencanaan dan proses pembangunan jalan raya baru. Seperti yang akan dilaksanakan pembangunan jalan lingkar jalancagak.

Namun pada perjalanannya, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Subang sebagai pelaksana ternyata tak ada koordinasi dengan dinas perhubungan.

“Terus terang, kami belum ada koordinasi soal pembangunan jalan lingkar Jalancagak. Semua oleh PU,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kab Subang, Rona Mairansyah, Jumat (08/03/2019).

Rona menjelaskan bahwa pihaknya sudah berupaya minta koordinasi ke pihak Dinas PU. Namun belum mendapatkan jawaban yang memuaskan.

“Kami sudah minta dokumen yang terkait, tapi belum yamg fiks, padahal semua dibuat oleh Dinan PU. Perencanaan, DED-nya,” kata Rona.

Rona menegaskan, jelas bahwa peran kedinasannya sangat diperlukan dalam rangka pembangunan sebuah jalan raya. “Urgensinya, adalah segala kelengkapan yang diperlukan, seperti rambu pendahulu penerangan jalan, penerangan jalan umum, marka jalan, trafik light, dan lain sebagainya, itu kami bidangnya. Jadi kita harus sama sama ikut mendukung tidak hanya PU saja,” tandas Rona.

Soal pendanaan, pembangunan jalan lingkar Jalancagak itu bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat karena status jalan yang merupakan jalan provinsi. Dibangun segera untuk mengurangi kemacetan di jalur utama Jalancagak terutama ruas mulai Tugu Nanas hingga pertigaan arah Bandung dan Purwakarta.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here