SUBANG – Kreativitas anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Cicadas, Kecamatan Binong, Subang ini patut diapresiasi. Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, serta penggerakan ekonomi desa, mereka mendirikan Bank Sampah Resik.

“Berbagai upaya penanggulangan sampah banyak dilakukan, demi terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat. Semuanya harus dikerjakan secara berkesinambungan dan melibatkan semua unsur masyarakat,” ujar Ketua Bank Sampah, “Resik”, Waryat Muhammad Farihin, Rabu (13/03/2019).

Waryat melanjutkan, upaya itu mulai dari sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), peran vital tempat pembuangan sampah (TPS), hingga pengolahan jenis sampah yang bernilai ekonomis, dan berujung pada pemberdayaan masyarakat setempat.

“Kegiatan tersebut merupakan ikhtiar melahirkan upaya produktif, dan konsentrasi pada penyelesaian masalah sampah. Bank Sampah “Resik” , satu wujud kepedulian menerjemahkan konsepsi penyelesaian sampah, yang dapat dilakukan oleh siapapun dengan bentuk sikap apapun,” ujarnya.

Waryat berharap warga masyarakat sadar akan kebersihan lingkungannya.
“Semoga bank sampah ini kedepannya menjadi solusi permasalahan sampah di desa cicadas dan makin banyaknya masyarakat yang sadar pentingnya kebersihan lingkungan”, paparnya.

Disamping itu, Ketua Karang Taruna Desa Cicadas Frezi Amirulloh berharap, bahwa kegiatan Bank Sampah memiliki konsistensi yang baik dalam memainkan peran dan memberikan kontribusi untuk perbaikan desa.
“Semoga spirit teman-teman pengurus Bank Sampah Resik di Cicadas tetap solid, hingga menghadirkan sebuah bank sampah yang maju,” pungkasnya.

Red: Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here