SUBANG – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang, Rona Mairansyah menyebut bahwa pihaknya bukan tidak berniat untuk melakukan perawatan serta perbaikan terhadap Sub Terminal Pagaden, Kab Subang.

Dia beralasan bahwa Sub Terminal Pagaden itu sedang dalam proses penyerahan pengelolaan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Perlu saya jelaskan dalam kesempatan ini, bahwa Sub Terminal Pagaden sudah masuk ke dalam kategori terminal tipe B. Dalam aturan, terminal tipe B kini seharusnya menjadi kewenangan pemerintah provinsi,” jelasnya, saat dikonfirmasi, Minggu (26/05/2019).

Rona menambahkan, untuk terminal Subang kini sudah naik menjadi terminal tipe A. Itu artinya sudah menjadi kewenangan kementerian. “Dishub Subang sekarang tidak ada jalur perintah lagi ke terminal A maupun B,” ucapnya.

Dia menegaskan akan segera mengurus segala ketentuan administrasi perihal peralihan pengelolaan terminal tipe A dan tipe B kepada pemerintahan terkait.

“Kami akan segera mengajukan permohonan percepatan penyerahan dokumen Personil Pembiayaan Prasarana dan Dokumen atau P3D.
Sehingga Provinsi dapat segera merehabilitasi terminal tersebut dan memfungsikan sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Sebelumnya, dikabarkan, kondisi Sub Terminal Pagaden dalam keadaan yang tidak terawat. Area dalam pemberhentian kendaraan umum bak kubangan kerbau saat diguyur hujan. Belum lagi melihat fasilitas lain yang tidak berfungsi dengan baik. Para pengguna kendaraan umum di terminal iti juga enggan berada lama di area terminal.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here