GARUT – Kabupaten Garut merupakan daerah yang sangat istimewa untuk dikunjungi saat memasuki hari libur. Garut mempunyai banyak ragam wisata, budaya serta jajanan ciri khas daerah, kuliner salah satunya. Itu nampak dari upaya promosi wisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Garut.

Sayangnya, menurut Pemuda Pelopor Jawa Barat, Ade Burhanudin, dari promo tersebut, tidak terdapat ikon kuliner wilayah Garut Selatan. Padahal, sudah beredar luas di masyarakat Garut di berbagai media sosial, baik WA maupun Facebook beberapa pekan terakhir.

Burhan, sapaan akrabnya, mengungkapkan, sebagai pituin Garut Selatan, dia peduli dan bertanggungjawab terhadap kemajuan di wilayahnya.

Selain sebagai Pemuda Pelopor, pria yang juga menjabat Sekjen Foramgas (Forum Aliansi Mahasiswa Garut Selatan) menyatakan kekecewaannya terhadap dinas terkait.
“Kami sangat kecewa terhadap Disparbud, karena bulan ini adalah waktu yang tepat untuk mengangkat potensi Garut secara keseluruhan. Berbicara Garut tak adil jika Garut bagian selatan tak dibawa dalam ranah promosi. Sejatinya, Garut selatan mempunyai sejuta wisata laut. Mulai dari kuliner ikan laut, udang, bahkan Gatot, Oyek, dan Opak Bungbulang,” kata Burhan, Rabu (29/05/2019).

Dia menegaskan, ini momen tepat karena orang pasti berlibur dan banyak yang mudik pula. Dirinya menilai terlalu sepihak jika promosi ini di biarkan terus. Sepihak karena ada daerah yang dalam pandangannya dirugikan karena tidak di jadikan salah satu rujukan tempat liburan, dan berburu kuliner.

Kuliner hari ini menjadi salah satu pilihan wisatawan dari berbagai daerah lokal, di sela-sela liburan, untuk itu promosi harus terus digalakan lewat media dan harus pula adil serta berimbang dalam memuat konten (isi) promosi tersebut.

“Saya hanya meminta Kepada pemerintah Kabupaten Garut untuk sama-sama membangun Garut secara utuh, dan tidak hanya terpusat di Kota (tengah) maupun Utara, ada yang sama ingin mendapat perhatian yaitu Selatan. Saya harapkan ada program Gelar Investasi Kuliner dan wisata Garut Selatan,” tandas Ade Burhanudin.

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here