KARAWANG – Wakil Bupati Karawang H Ahmad Zamakhsari alias Jimmy ikut menghadiri Halal Bi Halal Keluarga Besar H Mansur yang digelar di sebuah restoran di kawasan Karawang Barat, Sabtu (08/06/2019). Jimmy juga merupakan salah satu cicit H Mansur. Dia adalah generasi ketiga Bani Mansur.

Dari data panitia, sebanyak 285 orang keturunan H Mansur atau disebut pula Bani Mansur dari berbagai generasi yang ikut serta dalam silaturahmi akbar tersebut.

Dari ratusan cucu, cicit keturunan Bani Mansur itu berasal dari sepuluh generasi pertama, atau anak anak H Mansur. Mereka adalah H Abdul Majid, Sadiyah, Saadah, Mutiah, Abdul Syukur, Muslihah, Julaeha, Ahmad Ripai, Sopiyah, dan Imas.

H Mansur, sekilas sejarah, berasal dari Demak. Pada saat penyerbuan Kerajaan Demak ke Batavia (Jakarta, sekarang) kurang lebih abad 18 silam, kakek H Mansur, Sarbani, adalah salah satu yang ikut dalam pasukan. Singkat cerita, usai penyerbuan, Sarbani tak kembali ke Demak, melainkan menetap di Cilamaya, Karawang. Sarbani kemudian berkeluarga dan salah satu keturunannya adalah H Mansur.

Kini, keluarga besar Bani Mansur telah tersebar ke berbagai wilayah seperti ke Jatiragas, Cilamaya, Karawang, Poponcol, Ciasem Subang, Bandung, Bogor bahkan Pontianak Kalimantan Barat.

KH Agus Salim, putra Saadah salah satu anggota keluarga Bani Mansur memberikan sambutan mewakili generasi kedua. Pria yang pernah bekerja bersama dengan Presiden BJ Habibie itu, menjelaskan bahwa silaturahim kenapa bisa memperpanjang umur? “Dalam silaturahim kita bisa berbahagia, bercanda dengan keluarga dan saudara, bisa haha hihi, jadi terasa awet muda,” katanya.

Selanjutnya, Wakil Rektor di salah satu PTN di Jakarta itu, memberikan kunci untuk mencapai sukses. “Faktor pendukung sukses, pertama kejujuran, supel atau mudah bergaul, kerja keras, kecintaan terhadap yang dikerjakan, leadership, kompetitif, hidup teratur, kemampuan membuat ide, sabar dan terakhir doa. Kita sebagai umat islam jangan lupa berdoa,” jelasnya.

Hatim Ilwan, putra Sofiyah yang tinggal di Ciasem, masih mewakili generasi kedua mengaku bahagia dengan kesempatan berkumpul Bani Mansur. Karena berbagai alasan, dia mengaku tak punya kesempatan bertemu dengan para sesepuh keluarga.

Mewakili Ketua Panitia Enjang Ahmad Sahid, Hj Hidayati mengungkapkan kegembiraannya dapat menggelar acara silaturahmi Bani Mansur ini. Dia berharap di tahun tahun mendatang acara seperti ini bisa terlaksana.

Siraman rohani disampaikan oleh Ketua PC NU Karawang sekaligus Ketua MUI Kab Karawang, KH Ahmad Ruyan.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here