SUBANG – Penari belia asal Subang Kinda Novitasari, dipercaya mengisi acara seni budaya dalam Asia Pasific Conference di Korea Selatan, 17 sampai dengan 21 Juni 2019 mendatang. Dia mewakili Indonesia dalam even Junior Chamber Internasional (JCI) sebuah ajang Kepemudaan Internasional langsung di bawah naungan PBB.

Tak heran memang, jika Kinda didapuk menjadi salah satu delegasi Indonesia karena dia adalah Juara I Festival Kretivitas Tari Jaipong Tunggal tingkat SMP/SMA/dan Umum se-Jabar, DKI dan Banten pada tahun 2018 lalu di Padepokan Mayang Sunda yang diadakan oleh Banteng Budaya Nusantara (BBN) dan Disparpora Bandung.

Kinda lahir di Subang, 19 November 2002. Putri dari pasangan Devi Sugiana dengan Emma Mayasari itu turut mengibarkan panji Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan di kancah dunia.

Setumpuk prestasi lain yang berhasil Kinda torehkan selama dalam naungan LAK Galuh Pakuan. Mulai dari tahun 2015 dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Subang, Juara I Dan Juara Umum Lomba Tari Tradisional dan Modern Dance tahun 2015 yang diadakan di Yogya Grand Subang, Juara I Tari Rampak Klasik tahun 2017 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang. Lalu Juara I Tari Kreasi Jaipong Stiessa Enterpreneur Festival tingkat SMA dan Umum tahun 2017, Juara I Pasanggiri Jaipong Tunggal Katagori Remaja se-Kabupaten Subang yang diselenggarakan oleh Sanggar Tari Nay Sunda dan Taruna Merah Putih (TMP) tahun 2018, Juara I Tari Rampak tingkat SMA se-Kabuoaten Subnag yang diselenggarakan STIESSA tahun 2019.

Terkait dengan didaulat tampil di ajang Asia Pacific Conference JCI itu Kinda menyatakan, tampil di acara yang bertarap internasional itu, merupakan yang pertama kali dan menjadi pengalaman yang berharga selama hidupnya, namun dirinya mengaku grogi.

“Alhamdulillah, saya mendapatkan kepercayaan yang sangat luar biasa bisa mewakili Subang, Jawa Barat dan Indonesia di ajang Asia Pacific Conference JCI di Jiju Korsel, meski saya merasa grogi, tapi In Sya Alloh saya akan tampil dengan baik dan konsen,” ujar Kinda di Subang, Jum’at (13/6/2019).

Kinda juga menyatakan, demi nama baik LAK Galuh Pakuan, Subang, Jawa Barat dan Indonesia, siap mengeluarkan kemampuan terbaiknya di depan 10 ribu delegasi dari 60 negara se-Asia Pacific, yang hadir menjadi peserta Asia Pacific Conference JCI nanti.

“Saya mohon do’a restu, dari seluruh warga masyarakat Kabupaten Subang khususnya umumnya Jawa Barat dan Indonesia, supaya bisa mengerahkan kemampuan terbaiknya, di Asia Pacific Conference JCI nanti,” ucapnya.

Pengalamannya yang bisa menjadi motivasinya lanjut Kinda, pada akhir tahun 2018 lalu, pernah tampil di depan sejumlah Tokoh Nasional di JCC Jakarta Pusat, pada acara resepsi pernikahan anak Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

“Mudah-mudahan saja apa yang menjadi pengalaman saya di resepsi pernikahan anak Ketua DPR RI Bapak Bambang Soesatyo di JCC Jakarta Pusat akhir 2018 silam, menjadi motivasi kami untuk tampil baik,” pungkas Kinda.

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here