SUBANG – Penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Subang mendapat apresiasi dari Ketua DPD Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) Kabupaten Subang, Nurul Mumin, SH.

Menurutnya, UKW menjadi tolak ukur kapasitas atau kualitas jurnalis dalam menjalankan profesinya. Dengan mengikuti UKW juga dapat meningkatkan wawasan seorang wartawan mengenai aturan undang-undang, kode etik dan semacamnya.

“Kami ucapkan selamat bagi para jurnalis khususnya di Subang yang telah mengikuti UKW yang digelar oleh PWI Kab Subang. Ini jadi kabar gembira bagi dunia jurnalistik dan seluruh masyarakat Subang. Dengan UKW ini diharapkan bisa meningkatkan profesionalisme para jurnalis Subang,” kata Mumin, di Mabes Pekat IB, Jalan Ottista 244, Subang.

Lebih lanjut, Nurul Mumin mengharapkan dari peningkatan profesionalitas jurnalis di Subang juga berbanding lurus dengan kualitas, lebih kritis dan objektif dalam produk pemberitaan. Dia mencontohkan seperti pengawalan terhadap isu isu strategis di Subang.

“Misalnya mengenai transparansi anggaran Pemkab Subang. Sudah sejauh mana implementasi nyatanya? Atau evaluasi terhadap kinerja Jimat Akur dalam momentum satu tahun mereka mengemban amanat rakyat Subang,” paparnya.

Mumin menyebut, masih banyak persoalan yang menjadi pekerjaan rumah Jimat Akur di sisa masa jabatan. Maka peran media massa akan selalu dibutuhkan sebagai sumber informasi dan berita akurat dan dapat dipercaya publik.

“Jurnalis dengan medianya harus memposisikan diri berada di tengah dan mampu mengakomodir semua kepentingan siapapun. Peran sebagai pilar keempat demokrasi tentu wajib dipertahankan dengan kuat,” imbuhnya.

Pada UKW yang bertempat di Rangga Inn Hotel ini, sebanyak 30 orang wartawan ikutserta. Mereka berasal dari media siber, cetak, radio dan televisi. UKW berlangsung selama dua hari 9-10 Desember 2019.

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here