GARUT – Pemuda Pelopor Kab Garut Tahun 2017-2018 Ade Burhan menilai Perusahaan yang ada di Kabupaten Garut kurang berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat melalui CSR. Jika pun ada yang melakukan program CSR itupun tidak dilakukan secara serius.

Padahal, jelas amanat Undang-undang No 40 Tahun 2007 pasal 1 Nomor 3 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau yang lebih akrab dengan nama Corporate Social Responsibility (CSR). CSR itu untuk sama-sama berkomitmen dan berperan serta dalam pembangunan ekonomi, sosial, masyarakat yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang berdampak positif bagi perusahaan itu sendiri, komunitas, oragnisasi, maupun masyarakat banyak.

Konsep TJSL/CSR merupakan penjabaran kewajiban perusahaan untuk peduli terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat lokal dimana perusahaan tersebut berdomisili. Kewajiban mengeluarkan CSR merupakan kewajibabn hukum di berbagai negara maupun daerah. Di Indonesia konsep TJSL di tegaskan dalam pasal 74 ayat 1 Undang-Undang Peseroan. Pasal yang mewajibkan perusahaan/Perseroan telah di uji formil dan materil terhadap UUD 1945 di depan Mahkamah Konstitusi.

“Saya merasakan sendiri kegelisahan dan sedikit kekesalan ketika harus menunggu lama, menawarkan sponsorship melalui program CSR. Padahal saya sudah mendapat Rekomendasi dari Bupati yang sudah di uji kelayakan oleh Bappeda namun akhirnya tak menghasilkan apa-apa. Malah, jawaban pihak perusahaan CSR sudah habis,” ujar Ade Burhan, saat ditemui di Sekretariat Forum Pemuda Pelopor Garut, Rabu (11/12/2019).

Menurut Ade Burhan banyak permohonan kerjasama yang ia layangkan ke beberapa perusahaan yang ada di kabuapaten Garut meski dengan rekomendasi bupati tidak banyak direspon oleh perusahaan, dan terkesan diabaikan.

Karena itu dia berharap semua perusahaan bisa berkomitmen ikut tanggungjawab dalam kesejahteraan sosial melalui program CSR nya.

“Kami ada kegiatan Lomba Cipta Baca Puisi dengan tema Mencintaimu Garutku Tingkat SMA atau sederajat, yang pelaksanaanya tinggal beberapa hari lagi. Kami berharap perhatian dan respon serius dari perusahaan,” pungkasnya.

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here