SUBANG – Polemik Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Kihiyang Kecamatan Binong, Subang terus mengemuka. Warga ada yang menolak Kasan menjadi Pjs kedua kalinya.

Pjs Kepala Desa kini dijabat oleh Kasan yang statusnya disebut masih aktif sebagai staf pengajar di Salah satu SMPN di Kecamatan Tambakdahan.

Rencananya, Kasan akan ditunjuk kembali untuk menjadi Pjs Kades Kihiyang yang kedua kalinya. Namun penunjukan Kasan kedua kalinya mendapat penolakan keras dari berbagai kalangan masyarakat Desa Kihiyang. Baik dari tokoh masyarakat, tokoh agama maupun dari tokoh pemuda.

Djaya Setia, salah satu tokoh pemuda menyebut warga menolak Kasan menjadi Pjs kembali di Desa Kihiyang. Menurutnya, masyarakat menuding BPD tidak ada tindakan dan terkesan mengadu domba masyarakat.

“Kami mohon kepada Camat Binong sebagai penentu kebijakan agar memutuskan hal yang terbaik. Kami mohon agar Pjs berikutnya berasal dari pejabat Kecamatan Binong bukan dari luar kecamatan Binong apalagi dari kalangan fungsional,” kata Djaya, Jumat (03/12/2020).

“Kami berharap camat bisa mengambil keputusan yang tepat dan bisa mendengar aspirasi masyarakat Kihiyang. Apabila tetap memaksakan Saudara Kasan menjadi Pjs kembali ini akan menyebabkan situasi semakin buruk bagi pemerintahan Desa Kihiyang. Kami akan membawa masalah ini ke ranah hukum,” imbuhnya.

Di Kecamatan Binong, Djaya menyebut, kan ada pejabat Kasi, MP (Kasi Trantib, red) atau pun yang lainnya. Apakah mereka sudah tidak layak untuk menjadi Pjs? Kalau tidak layak, kenapa mereka menjadi Kasi?” tanya Djaya.

“Mungkinkah Saudara Kasan ada kongkalingkong dengan salah satu Pejabat kecamatan untuk ditunjuk kembali menjadi Pjs Desa Kihiyang,” Djaya mempertanyakan.

Terpisah, Pjs Kades Kihiyang, Kasan menyebut wajar saja jika ada yang berbeda pendapat. Dia sendiri juga pasti tidak akan siap kalau masyarakat Kihiyang tidak memintanya untuk melanjutkan. Dia mengklaim ada sekitar 300-an masyarakat dari berbagai lapisan yang menandatangani penilaian baik terhadap kinerjanya selama enam bulan ke belakang bekerja.

“Warga meminta untuk melanjutkan (jabatan Pjs) itu dan diteruskan ke kecamatan. Sudah ada audensi kami bersama BPD dan tokoh masyarakat yang menyrahkan penentuan Pjs kades ke camat,” jawab Kasan.

Sementara itu, saat ditanyakan, belum ada konfirmasi dari pihak kecamatan Binong terkait hal ini.

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here