SUBANG – Satuan Lalu Lintas Polres Subang menggelar kegiatan teguran simpatik kepada para pengendara kendaraan baik roda dua atau lebih.

Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani melalui Kasatlantas AKP Bambang Sumitro didampingi KBO Lantas Iptu Ikin Sodikin mengatakan kegiatan teguran simpatik itu telah dilakukan di beberapa titik dalam kurang lebih dua pekan terakhir.

“Pelaksanaan kegiatan teguran simpatik ini dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat berlalu lintas terutama para pengguna jalan. Dengan semakin meningkatnya disiplin lalu lintas di jalan raya diharapkan dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan,” ujar KBO.

Teguran simpatik ini, Iptu Ikin menjelaskan, berupa teguran ringan kepada para pengendara yang kurang memenuhi ketentuan safety riding seperti tidak memasang pengunci helm dan sebagainya. Atau memberikan pemahaman kepada pengendara roda dua yang membawa anak namun tidak memakai helm.

” Sekarang ini sudah banyak helm untuk ukuran kepala anak anak. Mereka juga butuh terjamin keselamatannya, bukan hanya orang dewasa,” ujar Iptu Ikin sambil memberi helm gratis kepada salah satu anak yang dibonceng saat giat di pertigaan arah ke terminal Subang.

Sementara untuk pengendara yang kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas, seperti tidak membawa SIM, STNK atau keduanya. “Penindakan tetap kita lakukan sesuai aturan yang berlaku,” ucapnya.

Pada giat teguran simpatik di Jalan Ahmad Yani, Jumat (07/02/2020), tercatat jumlah pelanggar yang diamankan STNK sebanyak 75 pelanggar, pelanggar diamankan SIM sebanyak 37 pelanggar, dan yang diamankan sepeda motornya sebanyak 19 buah. “Total 131 barang bukti yang harus diamankan,” tutupnya.

Ahmad Ripai

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here