SUBANG – Sebanyak 22 warga Kecamatan Ciasem mendapatkan Layanan sidang di luar gedung pengadilan dan pembebasan biaya perkara, Kamis, (5/3/2020) bertempat di Aula Puskesmas Ciasem.

Mereka adalah warga yang kurang mampu seperti buruh, petani dan nelayan di Kecamatan Ciasem. Kemudahan pelayanan tersebut mendapat apresiasi positif dari warga Kec. Ciasem.

Sebelum persidangan dibuka, Wakil Ketua PN Subang Derman P. Nababan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 50-an warga yang hadir, didampingi oleh para Pendamping Keluarga Harapan (PKH) dan Petugas dari Posbakum UNSUB (Universitas Subang). Derman menyatakan bahwa PN Subang berkomitmen melayani masyarakat dengan skema access for justice. Artinya, memberikan kemudahan pelayanan hukum bagi masyarakat pencari keadilan secara gratis.

“Ini menjadi komitmen Ketua PN Subang Bpk. R. Hendral, bagaimana Bapak/Ibu semua bisa terlayani dengan baik, namun tidak perlu datang ke kantor PN Subang yang memiliki jarak tempuh satu setengah jam, bahkan biaya perkara digratiskan,” ujar Derman disambut tepuk tangan meriah dari warga.

Sidang dipimpin oleh Gorga Guntur dan Anisa Primadona Duswara masing-masing Hakim PN Subang. Terlihat masyarakat sangat antusias dan senang bisa dilayani di Kantor Puskesmas Ciasem. Sidang hanya satu kali saja, karena Penetapan langsung dibacakan oleh Hakim, setelah memeriksa bukti surat maupun saksi.

Usai persidangan, warga Kec. Ciasem pengguna layanan diantaranya Ibu Yuliana (34) dan Ibu Kusnia (37) menyampaikan testimoni positif. “Saya sangat bangga bisa mengikuti program ini, tidak perlu capek-capek ke Subang. Hakimnya lucu-lucu lagi dan baik” ujar Kusnia polos.

Sementara, Kusnaedi (42) mengaku senang dengan layanan PN Subang. Dia menyebut program ini sangat meringankan masyarakat. “Kedepannya harus lebih ditingkatkan, Tetaplah ada sidang keliling dari PN Subang” ujarnya penuh harap.
Salah satu Pendamping Keluarga Harapan (PKH), Ade mengucapkan terima kasih kepada Ketua PN Subang, karena program ini sangat membantu warga binaan (masyarakat)nya. “Permohonan perbaikan identitas warga dapat difasilitasi melalui sidang keliling ini, dan kami sangat senang” ujarnya dengan wajah sumringah.
Sebelum masyarakat pulang, WKPN Subang Derman P. Nababan mengajak warga, Pendamping PKH dan Petugas Posbakum UNSUB photo bersama, seraya meneriakkan Motto PN Subang, Sangkuriang PRIMA, Yes!.
(rls)

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here