SUBANG – Pemkab Subang mengalokasikan anggaran Rp 80 miliar untuk penanggulangan Covid-19. Dana sebesar itu merupakan pergeseran dari sejumlah pos anggaran dalam APBD tahun 2020.

Alokasi penggunaannya antara lain Rp 20 miliar untuk belanja biaya obat-obatan, Alat Pelindung Diri (APD) dan kebutuhan honor tenaga medis. 12,5 miliar sudah digunakan. Sementara Rp 7,5 miliar sisanya untuk honor tenaga kesehatan.

Selebihnya, Rp 60 miliar dialokasikan untuk warga yang terdampak atau jaminan sosial masyarakat.

Terpisah, Ketua DPRD Subang, Narca Sukanda bahkan menilai, rencana usulan Pemkab Subang yang menganggarkan lagi senilai Rp 80 Miliar dinilai terlalu kecil. Narca mengusulkan pergeseran anggaran bisa dilakukan hingga Rp 300 Miliar.

“Saya berpandangan, anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kab. Subang bisa ditingkatkan hingga Rp 300 Miliar, kalau 100 Miliar itu tak sebanding, masih terlalu kecil,” kata Narca.

Di tengah hingar bingar wacana pergeseran APBD 2020 yang fantastis untuk penanggulangan Covid-19, sorotan publik semakin tajam menyoal akuntabilitas dan transparansi penggunaan anggaran tersebut.

Pengamat kebijakan publik, Kaka Suminta mengungkapkan bahwa di samping fokus soal penanganan penyakit virus corona, tentu akan ada pertanggungjawaban baik secara birokrasi maupun ke hadapan publik.

“Tentunya semuanya harus akuntable. Baik sumber anggaran (darimana) maupun penggunaannya (untuk apa),” ujar Kaka.

“Karena semuanya akan melalui saluran dan sumberdaya pemerintah, maka asas akuntabilitas dan transparansi harus menjadi bagian yang inheren di dalamnya. Sebab, kepercayaan dan dukungan publik merupakan salah satu kunci keberhasilan penanggulangan covid 19 ini,” tandasnya.

“Jangan sampai, di tengah bencana yang berdampak menghimpit rakyat ini, ada tindakan tindakan atau kebijakan yang tidak tepat atau bahkan mencederai dilakukan oleh pemangku kebijakan dalam hal ini pemerintah,” pungkasnya.

poros jabar, iklan covid 19Iklan Pemerintah, Covid-19 - porosjabar.com

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here