SUBANG – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Subang memiliki ribuan kader yang menjadi ujung tombak kesuksesan sosialisasi dan penerapan program seperti Keluarga Berencana (KB).

Kini di tengah wabah Covid-19, ribuan kader tersebut ikut serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19.

“Sesuai dengan tugas kita untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat berkaitan dengan wabah Covid-19 kita memiliki tugas untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terutama untuk pencegahan penularan Covid-19,” kata Dra. Nunung Suryani, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Subang, Senin (6/4/2020).

Nunung menjelaskan bahwa dinas yang dipimpinnya memiliki beberapa lapis petugas di lapangan. Antara lain, penyuluh Keluarga Berencana, petugas lapangan Keluarga Berencana atau kader posyandu, tenaga penggerak desa, dan kader motekar.

Sementara petugas penyuluh yang ada di DP2KBP3A di kabupaten Subang sebanyak 104 tenaga penggerak desa 52 orang kader motekar, pos kB desa 1 desa 1 oarang.dan dari 1180 posyandu yang ada di kabupaten Subang sebanyak kurang lebih 6.000 orang kader posyandu.

“Kemudian ada juga institusi masyarakat pedesaan yaitu pos KB. Jadi kami memiliki banyak petugas di lapangan yang memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang biasanya kami memberikan penyuluhan tentang program reproduksi sehat atau kesehatan reproduksi, kemudian pemakaian kontrasepsi secara rasional dan program-program keluarga berencana pengendalian penduduk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak lainnya,” katanya.

Dengan adanya virus corona atau Covid-19, DP2KBP3A Subang lebih fokus kepada upaya pencegahan penularan Covid-19 yang biasanya memberikan penyuluhan secara berkelompok. Namun bukan berarti sosialisasi program sebelumnya ditiadakan.

“Saat ini door to door langsung kunjungan ke rumah warga masyarakat, memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan. Sekarang kita lebih fokus kepada upaya pencegahan penularan Covid-19. Itu jadi petugas kami di lapangan yang biasanya memberikan penyuluhan secara berkelompok,” katanya.

poros jabar, iklan covid 19Iklan Pemerintah, Covid-19 - porosjabar.com

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here