Balad Ngopi Subang Aksi Donor Darah untuk Penderita Thalassemia

0

SUBANG – Komunitas Balad Ngopi Subang menggelar kegiatan sosial berupa donor darah yang digelar di kantor PMI Subang, Minggu (04/10/2020). Terkhusus, darah disumbangkan bagi penderita Thalassemia.

Ketua Panitia Donor Darah, Idin Rohana yang juga Sekretaris Balad Ngopi Subang menjelaskan bahwa kegiatan sosial seperti donor darah ini memang menjadi salah satu dari tiga kegiatan utama komunitas Balad Ngopi Subang.

“Kebetulan ada salah satu anggota kami yang keluarganya penderita thalassemia. Jadi kami tergerak untuk sekalian saja donor darah semua anggota, ” ujar Idin.

“Tiga S yang menjadi kegiatan utama kami. Silaturahmi sambil ngopi atau ngaliwet, nimbel. S kedua, Storing. Storing ini istilah dalam komunitas mobil atau motor yakni membantu jika ada rekan tengah berkendara terus mogok di jalan. Maka kita turun membantu. S yang ketiga, Sosial, kegiatan sosial seperti donor darah,” kata Idin, di sela kegiatan.

Dalam Balad Ngopi Subang ini ada komunitas lain juga ikut. Riungan silaturahmi kami ini tidak membedakan jenis kendaraan, bahkan sepeda motor, atau pemilik sepeda juga boleh ikut. Idin mengungkapkan, Balad Ngopi Subang ini baru berdiri sekitar 3 bulan.

“Diupayakan setiap hari semua anggota dapat satu teman baru, siapapun boleh bergabung. Karena kita lebih bersifat kekeluargaan. Keluarga kita juga harus diajak kalau ada kegiatan. Sementara ini anggota kami tersebar tidak hanya di Subang. Seluruh Jawa Barat juga ada, ” paparnya.

Idin mengaku untuk mempererat tali silaturahmi dan menghilangkan kesan negatif maka para anggota juga berinisiatif mengadakan kegiatan pengajian juga. Segi ekonominya, saling dukung dan membeli produk yang dijual anggota juga.

“Prinsip kita saling bantu satu sama lain, apa yang bisa kita berikan untuk rekan. Kita senang banyak saudara banyak teman. Loba dulur moal paur kata Sundanya, ” ucap Idin.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Thalasemia Indonesia Subang Sunita mengucapkan banyak terimakasih atas kerelaan para pendonor darah dari komunitas Balad Ngopi Subang. Donor darah yang diberikan sangat dibutuhkan bagi pasien Thalassemia.

Perlu diketahui, di Subang ada 125 pasien Thalassemia yang membutuhkan dua labu perorang setiap bulan. Berarti butuh 250 labu darah setiap bulan untuk kelangsungan hidup mereka. Artinya, harus ada 250 orang sukarelawan pendonor darah setiap bulan. Hingga berita ini ditulis, Balad Ngopi Subang telah mengumpulkan 41 labu darah.

ok siap, mantap!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.