Desa Mekarsari Bagikan BLT DD Total Rp189 juta untuk 105 Warga

0
11

SUBANG – Sebanyak 105 orang warga Desa Mekarsari Kecamatan Cikaum, Kab Subang mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

Kepala Desa Mekarsari, Ade Asmawinata ST memimpin langsung penyerahan BLT Dana Desa tersebut bertempat di Aula Desa Mekarsari, Sabtu (09/05/2020). Warga yang sehat diundang hadir ke desa langsung, namun jika berhalangan seperti yang jompo, bantuan diantarkan oleh petugas dari desa ke rumah penerima.

Masing masing warga penerima, mendapatkan Rp 600 ribu perbulan. Alokasi total Dana Desa sebesar Rp189 juta untuk tiga bulan, mulai April, Mei dan Juni.

“Kami alokasikan 20 persen dari jumlah DD yang diterima desa dalam setahun, yakni Rp974 juta. Dari 105 warga yang menerima, kami pastikan tidak tumpang tindih atau double data penerima dengan data bantuan lain semacam PKH, BPNT, Bansos Provinsi, Bantuan bupati dan Kemensos,” ujar Kades.

Dia menambahkan, untuk kesempatan kali ini, bagi warga yang belum mendapat BLT dan Bansos Provinsi yang sudah dibagikan, agar bersabar. Karena selain dua sumber itu, bantuan lain belum direalisasikan.

Camat Cikaum Asep Sopandi, menyebut kedatangan pihak kecamatan dalam rangka memonitor pelaksanaan penyaluran BLT DD.

“Penyaluran BLT DD tahap satu paling lmbat tgl 9 Mei 2020. Ini (penyaluran BLT DD) langsung dua bulan disatukalikan, artinya tercover Bulan April dan Mei, nanti sisanya Bulan Juni,” ucap Camat.

Dia menambahkan, di Kecamatan yang dia pimpin, ada 6 desa yang sudah mengalokasikan BLT DD dari tahap satu. Yaitu Desa Pasirmuncang, Cikaum Timur, Cikaum Barat, Gandasari, Tanjungsari Timur, dan Desa Mekarsari.

“Selebihnya, tiga desa lain, Desa Sindangsari, Tanjungsari Barat dan Desa Kawunganten alokasi di Dana Desa tahap dua,” ucapnya.

poros jabar, iklan covid 19Iklan Pemerintah, Covid-19 - porosjabar.com

Tinggalkan Balasan