Ini 7 Arahan Menko Luhut Terkait PPKM Darurat Sektor Industri

0
Bupati Subang, Haji Ruhimat bersama Kepala Dinkes Subang, Dr. Maxi
Bupati Subang, Haji Ruhimat bersama Kepala Dinkes Subang, Dr. Maxi

SUBANG – Menko bidang kemaritiman dan Investasi jendral TNI (purn) Luhut Binsar Pandjaitan pimpin Rapat Koordinasi pelaksanaan PPKM Darurat di Sektor industri secara virtual, Jumat (16/07/2021).

Hadir dalam rapat tersebut, kepala daerah dan Jajaran pejabat Polri Se Jawa Bali serta pihak terkait untuk memaparkan laporan terkait hasil evaluasi dan sejumlah kebijakan yang telah dilaksanakan di wilayahnya masing-masing.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan kepada seluruh pihak yang mengikuti Rakor agar serius menjalankan arahan dan menegakan aturan PPKM sektor industri di wilayahnya masing-masing. Tindak tegas berbagai pelanggaran aturan dan sikap yang tidak kooperatif perusahaan.

“Pastikan semua karyawan memakai masker, virus delta 7 kali tingkat penyebarannya,” ujar Luhut

Berikut merupakan poin arahan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi terkait penerapan PPKM di sektor industri.
1. Penerapan protokol kesehatan yang ketat setiap perusahaan untuk para karyawannya. 100% wajib menggunakan Masker.
2. Penerapan mitigasi oleh perusahaan terkait penanganan wabah covid 19 di sektor industri sesuai aturan yang di keluarkan kementerian perindustrian dan perdagangan
3. Pengelompokan industri esensial dan kritikal agar dikaji dan diperbaharui oleh kementerian perindustrian dan perdagangan
4. Untuk Kabupaten padat industri agar memetakan dan membuat pengelompokan sebaran daerah industri
5. Industri diprioritaskan untuk melaksanakan vaksinasi kepada para pekerja yang difasilitasi oleh perusahaan.
6. Tindakan tegas bagi perusahaan yang tidak patuh dan melanggar aturan PPKM darurat sektor industri
7. Agar berbagai satuan tugas di masing-masing daerah saling berkoordinasi, bersinergi dan aktif mengambil peranan atas penerapan PPKM Darurat di sektor industri.

Terjadinya perbedaan penafsiran terhadap aturan, keterbatasan sosialisasi dan komunikasi juga menyebabkan belum maksimalnya penerapan PPKM darurat Covid 19 di sektor industri.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain itu banyak pabrik-pabrik yang menutupi kasus positif karyawannya karena takut ditutup.

“Saat ini sebagian besar pabrik tidak memiliki satgas sebagai pengawan,” Kata Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar.

Dalam kesepakatan tersebut, Bupati Subang H Ruhimat telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk segera mempersiapkan berbagai hal dalam rangka menindaklanjuti hasil dan berbagai arahan rapat koordinasi tersebut.

ok siap, mantap!

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.