Kerja Bareng Pemkab dan Galuh Pakuan, ISBI Kampus 2 Bakal Berdiri di Subang

0
kerjasama ISBI dengan Pemkab Subang dan Lak galuh pakuan
kerjasama ISBI dengan Pemkab Subang dan Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan/porosjabar.com

porosSUBANG — Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung siap mendirikan kampus 2 di Kabupaten Subang. Rencana tersebut merupakan hasil kerjasama ISBI dengan Pemkab Subang dan Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan.

Rektor ISBI Prof Dr Hj Een Herdiani S.Sen M. Hum menjelaskan rencana tersebut dengan antusiasme tinggi saat berada di Subang menghadiri Gunem Catur dengan tema
‘Peran Pendidikan dan Budaya Menghadapi Subang sebagai Kota Internasional’ yang digelar di Aula Pemkab Subang, Minggu (17/01/2021).

Gunem Catur tersebut dibawakan oleh Rakeyan Bezie Galih Manggala selaku moderator. Selaku pemateri, selain Prof Een juga diisi oleh Kadisparpora Asep Setia Permana mewakili pemkab dan Abah Renggo sebagai budayawan.

“Pada kesempatan kali ini, kami sedang sowan ke Subang dalam rangka sosialisasi rencana pendirian kampus 2 ISBI di Subang. Ini karena saya melihat potensi seni budaya luar biasa di Subang,” kata Prof Een membuka pembicaraan.

Dia juga telah melakukan komunikasi dengan para seniman dan budayawan di Kabupaten Subang terutama dengan LAK Galuh Pakuan.
“Kami dengan Pemkab Subang juga sudah bertemu dan mendiskusikan rencana ini,” ujar Prof Een.

Dia menegaskan bahwa sebagaimana rencana Pemprov Jawa Barat, Kabupaten Subang masuk dalam master plan Segitiga Rebana. Dimana Subang akan jadi pusat pengembangan pembangunan dalam program Subang Kota Internasional dengan hadirnya pelabuhan Patimban.

Di sisi lain, Rektor ISBI juga mengakui kondisi Kampus 1 ISBI dengan luas hanya 1,6 hektar sudah kurang layak.

“Munculnya rencana pendirian Kampus 2 ini juga akibat tingginya animo calon mahasiswa khususnya di Kabupaten Subang. Akhirnya kami setuju mengembangkan kampus di sini dalam rangka menampung wilayah utara,” jelas Prof Een.

Kegiatan hari ini, Prof Een menambahkan, sebagai upaya mengenalkan kepada masyarakat luas profil ISBI.

“Kami juga sekaligus membawa para mahasiswa yang sedang ujian seperti menampilkan Karawitan. Mereka sebelumnya kuliah secara online. Kami ucapkan terimakasih karena telah memfasilitasi ujian di sini oleh Pemkab Subang,” katanya.

Mengenai tempat, dia belum memastikan. Namun usulannya berada di kawasan Ranggawulung, dimana di sana dibangun pusat budaya, jadi nyambung dengan kehadiran ISBI kampus 2.

Menurut Prof Een, mereka para mahasiswa juga menyambut baik rencana kampus 2 ISBI. Diharapkan kehadiran kampus 2 ISBI menjadi tempat wisata pendidikan dan budaya di Subang.

“Pemkab Subang 80 persen sudah mendukung. Pertemuan sudah sangat luar biasa, mereka para kepala dinas langsung konek, DPRD Subang juga,” sebutnya.

Pihaknya juga berkomitmen untuk menggali literasi budaya wilayah pesisir atau pantura Subang.

“Subang tengah berbeda dengan Pantura. Ini juga jadi perhatian kami. Budaya pesisir sudah jarang dikenal. Tugas kami menggali seni budaya pesisir ini dan harus diangkat. Kami juga sudah punya tim peneliti mengangkat literasi pesisir,” pungkasnya.

ok siap, mantap!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.