LAK Galuh Pakuan Usulkan Hari Seni Tradisi Nasional ke Presiden Jokowi

0
59

SUBANG – Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan memiliki cita-cita mencanangkan “Hari Seni Tradisi Nasional”. Keinginan itu sudah diusulkan ke Presiden Jokowi. Untuk mengkampanyekannya, LAK Galuh Pakuan akan menggelar festival “Lawung Budaya Nusantara” yang diisi dengan berbagai kegiatan pentas, dan pameran, serta dialog budaya, serta diskusi kajian pemajuan kebudayaan.

Festival “Lawung Budaya Nusantara, Dalam Rangka Kerangka Kerja Strategis Undang-undang No.5/2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan” ini merupakan usulan Program Fasilitasi Bidang Kebudayaan ke Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi SB melalui Patih Agung LAK Galuh Pakuan Abah Renggo, yang juga selaku budayawan Jawa Barat mengatakan, tujuan dari usulan program tersebut, nantinya “Hari Seni Tradisi Nasional”, dapat berdampak positif, bagi generasi muda dalam upaya memperkokoh jati dirinya, sebagai bangsa yang memiliki ciri khas budaya yang adiluhung.

Abah Renggo juga menyebutkan, Kajian dan Festival Seni Lawung Budaya Nusantara, Dalam Rangka Kerja Strategis Undang-undang No.5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan”, merupakan dukungan dari LAK Galuh Pakuan terhadap Program Kerja Presiden Jokowi.

“Hal ini sesuai dengan amanah, dan pesan Presiden dalam laman kominfo.co.id. Kitakan selalu sering berbicara masalah infrastruktur, yang keras mengenai jalan, jembatan, pelabuhan, tidak pernah kita berbicara mengenai infrastruktur lunak, yaitu kebudayaan. Presiden juga berpesan agar generasi muda tidak melupakan akar budaya bangsa. Generasi penerus bangsa tidak boleh kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Kita ingin agar kebudayaan menjadi nafas, dari keberlangsungan hidup bangsa, menjadi darah kepribadian, menjadi mentalis, dan nilai-nilai kebangsaan anak didik kita,” ujar Abah Renggo sambil menirukan pernyataan Presiden Jokowi, Selasa (14/7/2020).

“Insyaa Allah, festival tersebut, akan dilaksanakan pada Oktober 2020 mendatang. Mudah-mudahan saja semua pihak ikut mendukung upaya yang akan dilaksanakan oleh Galuh Pakuan,” imbuhnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.