Perjalanan Pengusaha Arang di Subang, Hingga Bisa Ekspor Ke Luar Negeri

0
Pabrik Arang di Subang
Foto : Firmansyah sang Penggagas Pabrik Arang, hingga bisa ekspor luar negeri

SUBANG – Kabupaten Subang produksi arang dengan kualitas go internasional, dengan bahan dasar kayu kopi, jati dan lamtoro. Pabrik arang tersebut bertempat di Desa Cisaat Kecamatan Ciater Subang, milik bapa Firmansyah.

Firmansyah menceritakan proses pembuatan pabrik tersebut saat diwawancarai oleh wartawan, yang bermula dari mencari ilmu terntang arang di Aceh, Subang (28/12/2020).

“Pabrik yang kita lihat saat ini, bermula dari rasa ingin tahu tentang arang, kemudian saya berangkat ke Aceh, karena Aceh menjadi pusat produksi arang yang ada di Indonesia,” ujar Firmansyah.

Setelah mendapat Ilmu dari Aceh, Firmansyah membuat pabrik sendiri di Kabupaten Subang, den harus menyesuaikan kondisi di Subang yang tidak sama dengan di Aceh.

“Setelah selesai di Aceh, kemudian saya membangun di Subang, dan harus menyesuaikan pembuatan tungku. Karena di Subang wilayah pegunungan, susah untuk mendapatkan pasir payau sehingga perlu adanya inovasi baru yang sesuai,” lanjutnya.

Setelah beberapa kali mencoba dan gagal, dengan tidak mengenal kata putus asa, akhirnya berhasil membuat tungku dengan baik, sesuai yang di harapkan. Setelah tungku selesai, arangpun bisa di garap.

Pabrik tersebut selain meningkatkan ekonomi daerah khususnya kabupaten Subang, juga menciptakan peluang kerja bagi masyarakat Subang hingga mengurangi angka pengangguran di Subang.

Sampai saat ini Pabrik arang tersebut sudah mengirim produknya ke lokal bahkan berbagai Negara seprti ke daerah Timur Tengah, Taiwan dan lainnya.

ok siap, mantap!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.