Pilkada Serentak, KPU RI Terapkann 12 Aturan Disiplin Prokes di TPS

0
Ketua KPU RI Arief Budiman Diskusi dengan KPU Kabupaten Subang
Ketua KPU RI Arief Budiman Diskusi dengan KPU Kabupaten Subang

porosjabarSUBANG – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 tetap berjalan meski dimasa pandemi. KPU RI menegaskan beberapa aturan disiplin protokol kesehatan, dengan menerapkan 12 hal baru yang diterapkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa (24/11/2020).

Dimasa pandemi ini, Pemilu pada 9 Desember 2020 nanti itu menjadi sebuah hal yang baru, karena teknis di TPS banyak melakukan penyesuaian terhadap kondisi saat ini.

Seperti dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman, teknis di TPS menjadi sebuah pelajaran baru buat penyelenggara melihat kondisi Indonesia bahkan Dunia yang kurang baik, sehingga KPU RI berinisiatif menerapkan 12 aturan protokol kesehatan di TPS.

“Kami akan tetap menjalankan pemilu dimasa pandemi ini dengan terapkan 12 aturan disiplin protokol kesehatan di TPS. Salah satunya 3M menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta 1T yaitu, tidak berkerumun” ujar Arief.

Sebelum dilaksanakannya Pemilu, arief serta jajaran mengecek langsung kesiapan dengan mengukur sekurangnya 3 hal pada rapat kordinasi bersama KPU Kabupaten/Kota.

“Kesiapan penyelenggara selalu kami pantau lewat rapat kordinasi dengan KPU Kabupaten/Kota dengan mengukur 3 hal, yaitu, Kesiapan Regulasi, Anggara dan SDM,” lanjutnya

Sampai hari ini tidak ada laporan kendala dari KPU Kabupaten/kota. Kemudian dari tingkat KPPS sudah dilakukan rekruitment dan pada Selasa (24/11/2020) mereka akan dilantik setelah itu diadakan pelatihan.

Arief juga menghimbau kepada pemilih untuk tidak datang bergerombol ke TPS.

“Saya himbau kepada masyarakat untuk tidak datang ke TPS secara bergerombol,” himbau Arief.

ok siap, mantap!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.