UPI Bandung Dukung Usulan Galuh Pakuan Soal Hari Seni Tradisi Nasional

0
28

SUBANG – Kepala UPT Kebudayaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Ayo Sunaryo sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan yang memiliki cita-cita mencanangkan “Hari Seni Tradisi Nasional”.

Untuk mengkampanyekannya, LAK Galuh Pakuan akan menggelar festival “Lawung Budaya Nusantara” yang diisi dengan berbagai kegiatan pentas, dan pameran, serta dialog budaya, serta diskusi kajian pemajuan kebudayaan.

UPT UPI Bandung mendukung LAK Galuh Pakuan karena kiprahnya sudah teruji. Mulai dari festival seni gotong sisingaan, festival tari jaipong, dan sejumlah festival lainnya.
Bahkan UPI kata Ayo, sudah melakukan riset, dan kajian tentang LAK Galuh Pakuan. UPI sendiri sudah menganugrahkan gelar “The Guardian Of Sundanese Culture” kepada Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi SB, atas dedikasinya terhadap pelestarian seni dan budaya Sunda.

“Kami dari UPI Bandung, sangat mendukung apa yang akan dilakukan LAK Galuh Pakuan untuk usulan Hari Seni Tradisi Nasional. Karena apa yang akan dilakukannya itu telah selaras, dengan keingingan Presiden Jokowi. Terlebih Kang Raja, dedikasinya terhadap seni dan budaya sudah teruji. Bahkan UPI sudah menganugrahkan gelar The Guardian Of Sundanese Culture,” tegas Ayo.

Tidak hanya sampai di situ lanjut Ayo, Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi SB, begitu dekat dengan sejumlah budayawan dari Sabang sampai Meraoke. Sehingga pantas LAK Galuh Pakuan menggelar Kajian dan Festival tersebut.

“Saya tahu persis Kang Raja ini, begitu dekat dengan sejumlah budayawan di Nusantara itu, mulai dari Aceh sampai ke Papua sana. Bahlan LAK Galuh Pakuan, sudah sering menjalin kerjasama dengan UPI, dalam berbagai kajian dan festival,” terangnya.

Ia berharap, usulan dari LAK Galuh Pakuan ini dapat di terima oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karena usulan itu sangat positif, untuk memperkuat persatuan Indonesia.

“Mudah-mudahan saja usulan LAK Gakuh Pakuan ini direspon oleh Dirjen Kebudayaan. Karena arahnya sudah sangat jelas, bertujuan untuk penguatan persatuan bangsa,” imbuh Ayo

Terpisah, Ketua Prodi D. IV Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Edi Mulyana M.Sen menilai, Kajian dan Festival yang akan di helat LAK Galuh Pakuan itu sangat penting untuk memperkuat jati diri bangsa, sesuai dengan harapan dalam program Presiden Jokowi.

“Apa yang disampaikan Pak Presiden Jokowi, yang menginginkan adanyan pengokohan jati diri, sebagai bangsa yang memiliki ciri khas budaya sendiri, yang tak dimiliki oleh bangsa lain. Dan apa yang dilakukan Kang Raja dari LAK Galuh Pakuan, saya nilai, merupakan langkah, yang tepat untuk menyelamatkan bangsa ini, dari isu radikalisme,” singkat Edi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.